Sunday 14 June 2015

keutamaan sholat tahajud

umat Muslim kemungkinan telah tak asing lagi dengan ‘shalat tahajud’. Tiap kali ditanya apa itu shalat tahajud tentu dijawab “shalat tahajud yakni shalat yg dilakukan sepertiga malam”. Itu betul sekali, tapi yg tentu bukan masalah pengertian tahajud yg mau dibahas dalam tulisan ini melainkan manfaat dari shalat tahajud itu sendiri. 

di sayangkan bila pemahaman Muslim berkaitan shalat tahajud cuma dianggap sebagai sebuah ibadah saja tidak denganmengetahui adanya kebaikan dan kelebihan yg dapat diperoleh oleh kita. Lalu apakah kebaikan dan kelebihan yg kita peroleh dari mengerjakan sholat tahajud sementara lainnya sedang nyenyak tidur? 
Dari segi logis, bisa saja kita tak mengerti bahwa perintah Allah itu mendatangkan kebaikan. Sesungguhnya Shalat tahajud meneguhkan iman kita, jiwa kita, mental kita untuk menghadapi masalah hidup duniawi dan lain-lain. 

Selanjutnya dari segi sains pengobatan, kita bakal menghirup oksigen di atmosfer bumi kira kira pukul 03.00 sampai terbit matahari maka saat menggerakkan otot-otot yg berada dalam badan kita sehingga dapat menciptakan tubuh kita segar danmelancarkan aliran darah di badan kita. Oksigen bakal hilang dari atmosfer bumi selepas matahari terbit dan tak datang lagi hingga besok pagi. Cuma manusia yg bangun terhadap sekarang yg bakal menikmati oksigen tersebut. 

Cobalah kita kaji pergerakan otot-otot kita kala shalat. 
Dengan Cara kasar, mula-mula kita berdiri tegak seterusnya mengangkat ke-2 tangan (bertakbir) dan meletakkan tangan di atas dada. Gerakan-gerakan tersebut sudah membesarkan rongga dada kita maka paru-paru dapat terasa lapang. 

Dikala sujud, seluruhnya berat tubuh tertumpu sepenuhnya diatas otot-otot ke-2 tangan, kaki. Dalam aktivitas ini tidak sedikitotot persendian yg kita kegiatan diantaranya dada, perut, punggung, leher dan otot-otot kaki. 

selanjutnya kita bangkit dari sujud. Kita duduk, setelah itu kita sujud lagi dan setelah itu kita berdiri kembali. Dalam aktivitas kali ini dengan cara otomatis kita sudah menggerakkan sejumlah besar otot-otot di dada , bahu, lengan, perut, punggung, paha, kaki sektor bawah dan otot-otot yang lain. 

diluar itu kita pun lakukan dua jenis duduk, mula-mula duduk antara dua sujud dan ke-2 duduk tasyahud. Ke-2 type duduk ini menggerakkan tumit , pangkal paha, selangkangan, jari-jari kaki dan lain-lain. Diwaktu kita berikan salam, kita menggerakkan otot-otot leher tengkuk dan lain-lain. 

Apabila kita saksikan dari dua aspek di atas ialah menghirup oksigen yg keistimewaan gerakan-gerakan shalat, semuanya itutelah pasti dapat menyehatkan badan kita. Shalat Tahajud dapat juga menjauhkan penyakit pinggang yg senantiasa menyerang orang yg tidak sedikit tidur dan bangun melalui dari tidur tengah malam. 

0 comments:

Post a Comment