Thursday 2 June 2011

SMAN 1 KOTAGAJAH go SBI : Jalin Kerjasama dengan Shelton College Singapura

KOTAGAJAH - SMAN 1 KOTAGAJAH benar_benar siap go SBI.
SMAN I Kotagajah, Lamteng salah satu lembaga rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) di Lamteng, telah menjalin kerja sama dengan Shelton College, Singapura. Kerja sama tersebut, meliputi bidang kurikulum, seni, dan budaya. Penandatanganan kerja sama dilaksanakan di Singapura, pada 15 Januari lalu.
Kepala SMAN 1 Kotagajah Drs. Syatbi Tahmid, M.M. mengatakan, pihaknya mengambil berbagai hal positif yang dimiliki sekolah Singapura, seperti kedisiplinan, kebersihan, pembangunan karakter, dan kemampuan berbahasa Inggris yang tinggi.
Menurut Syatbi, selain mengunjungi Shelton College untuk menjalin kerja sama, para kepala sekolah juga mengunjungi Victory College, salah satu sekolah terbaik di Singapura.
Kami kagum dengan segala fasilitas yang ada di sekolah yang sudah berdiri 200 tahun tersebut, katanya.
Selain itu, lanjutnya, SMAN I Kotagajah ini juga menjalin kerja sama dengan penyelenggara pendidikan kurikulum Internasional SMA N 1 Teladan Yogyakarta. Tidak hanya itu, sekolah ini juga mendapatkan serifikat Internasional Standart Organization (ISO) 9001:2008.
”Bahkan, sekolah ini menjadi satu-satunya SMA di Provinsi Lampung, yang sudah mendapatkan pengakuan oleh dunia internasional, dalam hal tata kelola/managemen sekolah,” ucapnya.
Kemudian, prestasi SMA I Kotagajah lainnya yakni sekolah berbudaya lingkungan tahun 2003, Prevention Unit tahun 2004, Piloting Project KBK (kur 2004), Rintisan sSekolah Bertaraf Internasional tahun 2006/2007 dan sekolah PENGIMBAS tahun 2007.
Lalu, prestasi Akriditasi Sekolah Nilai A (Basnas), Piala Adiwiyata tingkat Provinsi Lampung untuk sekolah berwawasan lingkungan tahun 2010. Lalu, sekolah sehat tingkat kabupaten dan provinsi, serta akriditasi sekolah nilai A (96,00) tahun 2010.
Lanjut Syatbi, prestasi SMAN I Kotagajah ini, ada juga pada berbagai kegiatan di tingkat daerah dan Nasional. Pada bulan Mei ini, beberapa siswa sedang dipersiapkan mengikti lomba ditingkat Nasional, di antaranya, Debate Bahasa Inggris, perwakilan siswa mewakili Provinsi ke tingkat Nasional untuk Gebyar Apresiasi Karakter Siswa Indonesia (G-AKSI).
”Oleh karena itu, visi sekolah ini memang untuk mewujudkan lulusan menjadi pribadi yang Beriman, Berilmu, Berbudaya dan berwawasan Global,” terangnya.
Sedangkan, sarana prasarana yang dimiliki SMAN I Kotagajah, meliputi,
Labotariom Biologi, Fisika, Kimia, IPS, Komputer, Bahasa, Ruang Risert Guru, Ruang PSB, Ruang Multi Media dan Labotariom ruang kelas Representatif.
Sementara, SMAN I Kotagajah yang berdiri tahun 1979, berdasarkan surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 0188/0/1979 di atas tanah seluas 16.250 M2 ini, terah melahirkan, Kepsek SMAN I Kotagajah dalam tiga Dasarwarsa, yakni Drs. Hi. R. A. MARTIN (1979 – 1987 ), (Alm.) Hi. SLAMET SOEPARMAN, BA. (1987 – 1996), Drs. SUKIRMAN (1996 – 1999), Drs. KHAMIN HAMZAH (1999 – 2000), Drs. ABDULAH MAKMUR (2000 – 2002) dan Drs. SYATBI TAHMID, M.M. (2002 – sekarang).

1 comments: